SEJARAH CARINGIN

 

IMG_1264

Pohon Karet khas Caringin

Pak Kandi baru berumur 12 tahun saat Indonesia merdeka, sekarang beliau sudah berumur sekitar 83 tahun dan sedang menikmati masa lansianya. Berdasarkan cerita Pak Kandi, nama daerah ‘Caringin’ berasal dari pohon beringin yang dulu menjadi pusat daerah Caringin.

Dulu terdapat 2 pohon beringin dan 1 pohon karet di Caringin, namun dua pohon beringin tersebut tumbang. Di salah satu pohon beringin tersebut terdapat rumah pohon yang dibuat oleh Jepang untuk memantau keadaan sekitar. Karena jaman dulu belum ada gedung-gedung tinggi, jadi Jepang bisa memantau jauh keadaan.

Warga Caringin terpaksa menerima jajahan dan mengungsi ke bagian utara, sedangkan di Caringin dibuka jalan oleh Jepang. Warga tentu merasa takut. Walaupun mereka memberontak, Jepang tetap berhasil membuat mereka tunduk.

Tak terkecuali, H. Mulya dan Padma Godeg bisa dibilang ‘tak terkalahkan’ di Caringin, orang-orang menyebut mereka sakti. Mereka bisa melawan penjajah tanpa terkena serangan balik, biasanya mereka suka ‘menghilang tiba-tiba’ dan para penjajah tidak bisa menemukannya. Padma Godeg juga merupakan kakek moyangnya Pak Kandi.

Caringin juga pernah menjadi gudang penyimpanan pesawat terbang. Pesawat-pesawat tersebut dijaga untuk mencegah terkena bom bila ada musuh yang menyerang. Di Caringin juga terdapat sebuah gua, tetapi ada pemuda dari Batak yang membeli gua tersebut dan menutup gua tersebut. Bahkan ia juga memasang benteng di sekitarnya.

Sekarang, Caringin sudah dikenal dengan sebutan ‘Sukamulya’ yang diambil dari nama Haji Mulya. Daerah Caringin sudah dipenuhi dengan pemukiman penduduk dan kompleks perumahan. Pada tanggal 17 Agustus kemaren, Caringin juga mengadakan berbagai lomba seperti ; balap karung, panjat pinang, kelereng, dan lain-lain. Caringin merupakan daerah yang sangat luas.

Harapanku untuk Caringin adalah agar Caringin menjadi lebih maju, bersih, tentram, dan penduduknya lebih rukun dari sebelumnya..

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Wawancara

 

Nama                                  : Pak Kandi

Usia                                     : 83 tahun

Waktu Wawancara         : 24 Agustus 2016

 

Advertisements

One thought on “SEJARAH CARINGIN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s